Peluang usaha Cara budidaya ikan Gurame untuk pemula

Peluang usaha budidaya ikan gurame

Tidak banyak orang yang tentunya akan mengetahui tips dan cara budidaya ikan gurame yang baik dan bener pada saat ini, yang sebenarnya jika anda dapat mengetahuinya hal tersebut dapat menghasilkan keuntungan yang menjanjikan untuk pengelolanya. Ya, karena diketahui bahwa ikan gurame sendiri merupakan salah satu jenis ikan yang juga paling banyak dikonsumsi, karna enak dagingnya banyak restoran yang menyediakan ikan ini. sedangkan pada saat ini pasokan untuk pasar sendiri dinilai masih tidak memenuhi jumlah dari permintaan pasar yang kian hari kian meningkat.

Hal tersebut tentu saja karena kurangnya potensi budidaya ikan gurame yang mampu memenuhi kebutuhan dan permintaan pasar untuk jenis ikan tersebut, terlebih jika mengingat bahwa jenis ikan tersebut juga dibutuhkan untuk kebutuhan eksport ke berbagai negara lain di luar Indonesia. Sehingga dapat dikatakan bahwa peluang untuk budidaya ikan gurame tersebut hingga saat ini masih terbuka lebar dan menjanjikan, untuk anda yang merasa tertarik dengan budidaya ikan gurame tersebut maka berikut ini adalah beberapa ringkasan singkat mengenai tips dan cara budidaya ikan gurame yang dapat kita ketahui bersama.

Tips Dan Cara Budidaya Ikan Gurami


Tips budidaya ikan gurame

Kolam Terpal

Hal pertama yang harus sangat diperhatikan sudah tentu kolam untuk budidaya ikan gurame, jika tidak ingin repot maka anda pun dapat menggunakan jenis kolam terpal yang tidak permanen dan lebih mudah dibuat serta dibersihkan, dan idealnya luas kolam 1 x 1 meter adalah untuk 10 ekor ikan gurame yang memiliki bobot sekitar 2.5 ons. Dan anda dpat menentukan sendiri antara luas kolam dengan lahan yang dimiliki serta berapa banyak ikan yang ingin anda budidayakan.

Pakan Gurami

Untuk pakan, standarnya ikan gurame sendiri diberikan makanan hingga 2 kali dalam 1 hari yakni pada pagi dan sore hari, pakan yang diberikan dapat berupa pelet yang memiliki kadar protein antara 25% hingga 30%. Namun idealnya pemberian pakan tersebut dilakukan dengan cara sedikit demi sedikit dengan intensitas yang sering, dan untuk makanan tambahan anda juga dapat memberikan sayur-sayuran dan juga daun-daunan.

Perawatan kolam

Dan untuk perawatan kolam maka hendaknya anda menjadwalkan secara rutin dan teratur terhadap pergantian air, selain itu sebaiknya anda juga langsung membuang sisa-sisa makanan di dalam kolam ketika sudah tidak dimakan oleh ikan, karena jika dibiarkan maka hal tersebut akan menjadi toksin atau racun yang akan mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan ikan. informasi lainnya cara budidaya ikan nila

Demikian di atas tadi adalah sedikit ulasan mengenai beberapa tips dan cara budidaya Ikan Gurame yang telah kita ketahui bersama, semoga sedikit informasi pemeliharaan hewan di atas dapat membantu serta dapat bermanfaat untuk anda semuanya.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Peluang usaha Cara budidaya ikan Gurame untuk pemula"

Posting Komentar