Begini Tips jitu Cara Budidaya ikan Nila yang bener buat pemula

Budidaya ikan nila

Ingin mengetahui tips cara budidaya ikan nila usahasa budidaya ikan cukup prospek karna memang permintaan ikan di pasaran setiap tahun semangkin meningkat. ternak ikan pada saat ini tentunya sudah bukan lagi merupakan sebuah hal yang sulit untuk dilakukan, terlebih pada saat ini berbagai macam jenis informasi dan portal berita sendiri sudah banyak tersedia di berbagai media online seperti blog ataupun website.

Sebagaimana yang telah kita ketahui bersama bahwa jenis ikan nila sendiri merupakan salah satu varian ikan air tawar yang dapat ditemukan dengan mudah di negara kita ini, selain ikan mas, ikan lele, atau ikan gurame, ikan nila juga merupakan salah satu jenis ikan air tawar yang juga banyak dikonsumsi oleh masyarakat indonesia.

Maka dari itulah tentunya tak heran jika hingga saat ini permintaan pasar terhadap jenis ikan air tawar tersebut masih terhitung tinggi di berbagai daerah, sedangkan pasokan untuk pasar tersebut diketahui masih kurang karena minimnya petani yang membudidayakan ikan nila. Selain itu, sebenarnya budidaya ikan nila juga diketahui sebagai salah satu usaha yang dapat menghasilkan keuntungan yang menjanjikan hingga puluhan juta rupiah dalam sekali panen, untuk anda yang memag tertarik maka berikut ini adalah beberapa tips cara budidaya ikan nila yang dapat kita ketahui bersama. ok langsung saja iya persiapan tata caranya berikut ini:

Cara Budidaya Ikan Nila untuk pemula


Budidaya ikan nila untuk pemula

Hal pertama yang harus sangat diperhatikan sudah tentu adalah kolam untuk budidaya ikan nila tersebut, persiapan dapat dilakukan dengan melakukan perbaikan saluran masuk dan keluar air hingga memasang saringan pelindung serta perbaikan pematang.

Pengapuran pada kolam dilakukan dengan menggunakan ukuran 25-1000gram permeter persegi, lakukan juga pemupukan dengan campuran urea 15gr/m2, pupuk kandang 500gr/m2, dan TSP 1gr/m2, semprotkan pestisida kemudian masukan air dengan tinggi mulai dari 80 hingga 150cm dan biarkan air tergenang.

Ikan dapat mulai dimasukan setelah jangka waktu kolam antara 5 hingga 7 hari, setelah waktu yang ditentukan tersebut barulah memasukan bibit ikan nila unggulan dengan perbandingan 5 hingga 10 ekor/m2 dengan bobot ikan 30gr/ekor atau dengan panjang 8 hingga 12cm.

Dan untuk urusan pakan, pada umumnya ikan nila akan diberikan pakan yang memiliki kandungan lemak 70%, protein 20-30%, karbohidrat 63-73%, dan pakan tambahan seperti kalikina/kecubung, kihujan, kipat, atau kaliandra.

Dan masa panen ikan nila sendiri sudah dapat dilakukan setelah budidaya berlangsung antara 4 hingga 6 bulan dengan variasi berat ikan mulai dari 400gr hingga 600gr per-ekor.

Demikian di atas tadi adalah sedikit ulasan mengenai beberapa tips cara budidaya ikan nila yang telah kita ketahui bersama, semoga sedikit informasi budidaya hewan di atas dapat membantu serta bermanfaat untuk anda semuanya.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Begini Tips jitu Cara Budidaya ikan Nila yang bener buat pemula"

Posting Komentar